Cara Mengatasi Windows Gagal Booting! Terbukti Ampuh!

Cara Mengatasi Windows Gagal Booting! Terbukti Ampuh!

Cara Mengatasi Windows gagal Booting - Cara Mengatasi komputer tidak bisa masuk Windows ~

Saat anda menyalakan ataupun merestart komputer dan ternyata komputer hanya menampilkan logo Windows saja, meski ada simbol loading tapi tetap tidak bisa masuk Windows atau bahkan error atau blue screen,  maka anda mengalami salah satu permasalahan yang sering muncul bagi pengguna komputer. Permasalahan tersebut adalah komputer tidak bisa masuk windows atau gagal Booting. Permasalahan ini muncul karena proses booting dari komputer yang tidak sempurna atau ada kemungkinan proses booting-nya terhenti ditengah jalan.




Komputer gagal masuk ke windows

Sebagai orang awam di dunia komputer mungkin anda akan panik dan bingung atas munculnya masalah ini. Mungkin anda akan berpikir apakah komputer anda rusak dan sebagainya. Tapi sebelum menjadi panik, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab komputer tidak dapat masuk ke windows. Pengetahuan ini tentu akan sangat membantu anda ketika dihadapkan pada masalah sejenis di kemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa penyebab komputer anda tidak dapat masuk ke windows :

- Ada file yang tidak sengaja terhapus dalam Sistem Operasi Windows
- Ada kerusakan pada file atau driver yang menyebabkan windows gagal dalam membacanya.
- Sistem Operasi Windows yang rusak atau belum diinstal.
- Ada setting BIOS yang settingannya dirubah atau tidak benar.
- Banyaknya kapasitas Hardisk yang terpakai.
- Adanya file yang hilangd dari folder Windows atau System32 (PASTI!)

Dari beberapa penyebab diatas, anda dapat mencoba mengecek dan mengatasi masalah-masalah tersebut dengan beberapa cara yang sudah saya coba sendiri, diantaranya sebagai berikut :

Masuk Safe Mode

Anda dapat menekan  F5 dari keyboard anda ketika komputer pertama kali akan masuk ke windows, untuk beberapa komputer atau laptop lain mungkin berbeda-beda cara masuknya, anda bisa mencarinya di Internet kalau tidak tahu, tetapi paling dominan biasanya memakai F2 (Asus), F5, dan F8. Setelah itu anda pilih Safe Mode, ketika komputer berhasil masuk ke windows berarti akan ada loading yang tidak dapat dibaca oleh windows dengan benar. Coba matikan loading tersebut dengan menggunakan “MSconfig” pada langkah start-up. (Start => run => Msconfig).

Mengapa Harus Safe Mode?

Karena Windows sendiri sudah menyiapkan cara tersendiri, jika pengguna kesusahan atau dalam masalah dengan Windowsnya, anda bisa masuk ke dalam Safe Mode untuk melakukan beberapa tindakan yang sebelumnya membuat Windows anda rusak atau error yang menyebabkan gagal booting.

  1. Cara paling mudah untuk memulihkan komputer yang tidak dapat masuk ke windows adalah dengan cara repair windows. Agar mudah, anda bisa menggunakan Flashdisk lalu buat bootable nya dengan software bootable seperti rufus (Download Rufus). Kemudian setelah instalasi masuk ke bagian install windows maka pilih opsi repair windows. Anda dapat menginstal windows ke folder baru atau lakuka format harddisk jika repair windows gagal

  2. Pastikan bahwa anda tidak mengubah setting BIOS sebelumnya. Jika memang anda telah merubah setting BIOS maka kembalikan setting BIOS seperti semula. Jika anda lupa, sebaiknya pilih Loading BIOS Default.
  3. Kerusakan pada Driver VGA Card juga dapat menjadi penyebab komputer tidak dapat masuk ke windows. Untuk penyebab ini, anda dapat mencoba untuk melakukan Safe Mode lalu uninstall Driver VGA Card yang rusak kemudian install ulang Driver VGA yang benar ketika masuk ke windows secara normal.
  4. Jika keempat cara diatas sudah anda lakukan dan ternyata anda gagal, maka ada kemungkinan bahwa salah satu hardware anda mengalami kerusakan. Biasanya hardware yang mengalami kerusakan adalah Memory Harddisk VGA dan mungkin saja Mainboard juga rusak, tetapi kerusakan Mainboard merupakan kemungkinan paling kecil.

Cara lain yang lebih ampuh adalah dengan cara RECOVERY SYSTEM, mengapa harus melakukan hal tersebut? Karena dengan cara tersebut Windows kita akan terotomatis kembali ke masa dimana Windows sudah mem-backup setting-annya. Cara ini mudah dilakukan, pertama anda hidupkan komputer anda, lalu matikan secara paksa, dan hidupkan lagi lalu matikan secara paksa lagi. Nah setelah itu anda hidupkan lagi otomatis akan terbawa pada Windows Repair System, kemudian, anda bisa cari tulisan Recovery System dan lakukan seperti instruksi yang ditertera disitu.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman