Cara Menambah RAM Laptop (Beserta Gambar)
Kemarin WinPoin sudah memberikan 5 cara mengatasi laptop lemot, dan salah satunya adalah dengan menambah kapasitas RAM. Di tutorial lanjutan kali ini WinPoin akan memberikan panduan yang lebih detail lagi tentang bagaimana cara menambah RAM laptop — lengkap beserta gambarnya.
Di tutorial ini yang saya gunakan sebagai contoh adalah Laptop tunggangan saya saat ini yaitu Asus Transformer Book Flip TP500L, tetapi cara menambah RAM latop dengan brand dan merek lainnya tidak berbeda jauh.
Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara menambah RAM di laptop:

Alasan Menambah RAM Laptop

Mungkin beberapa diantara kamu ada yang bertanya-tanya, mengapa menambah RAM di laptop? Apa manfaatnya?
Well…RAM (Random Access Memory) bertugas menyimpan data dan proses agar bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU. Idealnya semakin besar jumlah RAM maka laptop akan semakin cepat dan responsif. (Baca: Mengenal Bagian-bagian Komputer Beserta Fungsinya)
Laptop saya dibekali dengan prosesor Intel Core-i7 5500U 2.4GHz Broadwell, Dual GPU Intel HD 1GB dan NVIDIA GeForce 940M 2GB, tetapi RAM bawaan yang hanya 4GB rasa-rasanya jadi kurang sepadan. Untuk itu saya memutuskan menambah lagi 8GB RAM di laptop ini sehingga totalnya menjadi 12GB RAM.

Persiapan Menambah RAM Laptop

Sebelum memulai upgrade RAM laptop, siapkan dulu beberapa hal seperti:
  • Obeng set lengkap yang saya belinya disini.
  • RAM / Memory yang ingin ditambahkan, disini saya menggunakan Corsair 8GB DDR3L PC3-12800
  • Pick gitar atau kartu tebal untuk membuka back cover, disini saya memakai Starbucks Card bekas